Soal Manusia 'Bertelur', Dokter: Mungkin Ditelan atau Dimasukkan Sendiri



 Jakarta, Akmal (14), seorang remaja di Sulawesi Selatan, hari ini (19/2/2018) kembali menghebohkan netizen karena ia mengeluarkan dua buah telur dari duburnya. Sebelumnya, pada tahun 2015 ia juga pernah diberitakan 'menelurkan' sembilan buah telur secara bertahap.

Saat ini Akmal sedang dirawat di RS Syekh Yusuf. Berdasarkan foto rontgen, telur tersebut berada di rektum dan keluar melalui anus. Fenomena ini secara medis disebut corpus alienum, yaitu kondisi masuknya sebuah benda asing dari luar ke dalam tubuh manusia ataupun hewan.Dihubungi oleh detikHealth, dr Ari Fahrial Syam, seorang ahli saluran pencernaan Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo menyebutkan bahwa tidak mungkin ada manusia yang bertelur, karena pada logikanya 'bertelur' hanya dilakukan oleh wanita yang memiliki indung telur.

"Laki-laki tidak mungkin bertelur. Harus dipastikan kembali itu telur apa, bagaimana dia bisa ada di dalam tubuh," tegasnya.Selain itu, pada tahun 2014 lalu, seorang kakek bernama Sinin di daerah Penjaringan, Jakarta Utara, juga sempat menghebohkan netizen karena mengaku dapat 'bertelur'. Ia mengeluarkan dua buah telur berwarna putih, mirip dengan bentuk telur ayam kampung.

Namun setelah serangkaian observasi, rupa-rupanya telur yang dikeluarkan tersebut bisa dipastikan merupakan telur ayam, yang mungkin dimasukkan sendiri oleh Sinin.

"Kemungkinan besar jika ada kasus-kasus seperti itu ya dimasukkan sendiri lewat dubur. Kalau ditelan pasti hancur di pencernaan, oleh asam lambung. Tapi itu tergantung dari kondisi ususnya juga," kata dr Ari.

Tak hanya telur, serangkaian fenomena corpus alienum ini juga terjadi di tahun 2011 dan 2012, di mana benda-benda logam seperti jarum, paku, dan kawat muncul dari dalam kulit manusia. Bahkan jumlahnya ada yang mencapai puluhan biji.

Sumber: health.detik.com
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==